Sunday, March 26, 2017

3 Konsep Dasar Promosi Saat Berjualan Online

Bacaan Tekno - Berjualan merupakan sarana untuk mendapatkan penghasilan, adapun cara untuk berjualan pun berbeda beda, ada yang dengan cara dropshiper, reseller atau bisa dengan membuat produk sendiri. Dengan perkembangan teknologi, sekarang banyak pelaku usaha merambah dunia Internet untuk mempromosikan dagangan mereka. Berbagai macam dagangan mereka unggah ke Internet, seperti halnya fashion, barang, jasa dan masih banyak lagi. 


Saking banyaknya yang berjualan online, banyak dari mereka memposting barang-barang jualan di akun pribadi, sampai-sampai teman dari akun mereka merasa terganggu dengan spammer barang jualan. Karna mereka hanya berpikir simpel dalam memposting barang, tanpa memikirkan pengguna akun lain, yang mungkin merasa terganggu dengan banyaknya psotingan barang di akun pribadi.


Berikut ada beberapa tekni dasar, konsep untuk mempromosikan barang di Internet, terutama sosial media, supaya terlihat relevan dan berkelas.

  • Buat Akun Sosial Media Jualan Online Sendiri
Mungkin cara ini jarang dilakukan oleh beberapa pelaku bisnis online, karna mungkin mereka pikir ribet, ketika harus mengurus dua akun, antara akun pribadi dan akun jualan. Jadi, kebanyakan mereka akan menggunakan akun pribadi untuk mempromosikan barang jualan mereka. Tapi jika kita bisa melihat, kebanyakayan orang yang berjualan dengan menggunakan akun jualan online sendiri akan terlihat lebih bagus dan rapi, daripada harus mencampur adukan foto pribadi dengan gambar produk. 

  • Hindari Penggunaan Kata "alay" Ketika Mendeskripsikan Suatu Barang
Keterangan atau bisa disebut dengan deskripsi, merupakan syarat wajib untuk dicantumkan saat memposting barang di sosial media. Tertarik tidaknya pelanggan saat melihat produk kita di sosial media, kebanayakan dari tata bahasa saat menggunakan deskripsi. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti, terurut dan lengkap, sesuai barang yang kalian posting. Buatlah bahasa yang bisa menarik pelanggan supaya mereka menghubungi kalian, untuk sekedar menanyakan atau bahkan dari deksripsi yang bagus, pelanggan langsung membeli barang kalain dengan jumlah yang banyak.

  • Gunakan Kontak Khusus Untuk Dihubungi Oleh Pelanggan
Adanya beberapa pesan instan seperti BBM, Line dan WhatsApp, sangat memudahkan penjual berhubungan atau bernegosiasi dengan pembeli. Alangkah lebih baiknya, kalau penjual membuat akun, pin atau nomor sendiri khusus untuk dihubungi oleh pelanggan, dan tidak dicampur dengan kontak teman pribadi. Jadi ketika kalian memposting barang atau membrodcast stock barang, hanya ke kontak pelanggan saja. Atau kalian juga bisa mencantumkan nama toko online disamping nama aplikasi chat kalian, untuk memudahkan pelanggan mengenali kalian sebagai penjual online. Tapi ketika kalian menggunakan akun chat pribadi sebagai nomor tujuan pelanggan, usahakan jangan campur gambar produk dengan foto pribadi kalian, karna itu sangat kurang relevan bagi seorang penjual, ketika memperlihatkan sisi pribadi dari akun tersebut.

Mungkin itu saja yang harus diperhatikan ketika memulai untuk berjualan online. Intinya, gunakan akun sosial media untuk berjualan secara relevan dan rapi, dan hindari memposting jualan secara spam, yang bisa menganggu pengguna lain. 


EmoticonEmoticon